Tuesday, February 16, 2010

Bisnis Beretika


Beberapa minggu yang lalu aku beli Femina. Di dalamnya ada sisipan 3 orang wanita yang sukses berbisnis. Mereka adalah Susi Pudjiastuti, Ratu Lobster Asia, Obin Komara Seniman dan Pelestari Kain-Kain Tenun Nusantara dan Suzie D. Hutomo pemegang lisence Body Shop di Indonesia.

Ketiganya sama hebatnya, tapi buat aku pribadi aku kagum banget sama Susi Pudjiastuti. Pertama kali dengar namanya saat bencana Tsunami Aceh. Sejak saat itu setiap ada berita tentang dirinya rajin mengikuti. Biar ketularan sukses tentunya :)

Kenapa mereka bisa berhasil dalam bisnisnya? Karena mereka beretika dalam berbisnis.

Yuk intip resep langsung dari dapur mereka;

Susi Pudjiastuti
  • Percaya diri, mencintai apapun yang di kerjakan.
  • Belajar menggunakan akal sehat, sebagai bekal untuk mengumpulkan informasi -yang tidak kasat mata, ataupun yang tidak terdengar oleh telinga- sebagai bahan pertimbangan dan sumber ide bagi kemajuan bisnis anda.
  • Membuka diri seluasnya pada ilmu pengetahuan. Seseorang tanpa gelar pun tidak akan kalah dari lulusan pendidikan tinggi, selama ia tidak membatasi diri akan pengetahuan baru.
  • Membangun komunitas di lingkungan usaha untuk menguatkan jaringan usaha.
Obin Komara
  • Menjunjung tinggi nalar dan naluri (sense & sensibility).
  • Menciptakan keunikan bisnis (dare to be different). Karena setiap orang adalah pribadi yang unik dan berbeda.
  • Selektif terhadap tren. Tidak semua yang sedang in diikuti. Selama produk terjaga kualitas dan punya nilai lebih bagi konsumen, maka usaha berpegang pada konsistensi.
  • Rajin melakukan riset terkait bisnis. Hasilnya bisa menjadi lumbung ide bagi inovasi produ.
  • Mengerjakan semuanya dengan ketulusan hati.

Suzie D. Hutomo
  • Membangun Self-Awareness untuk mengetahui kekuatan dan passion diri. Dua hal ini adalah "motor" dalam berbisnis.
  • Memahami konsumen dan mempelajari tren, sebagai masukan untuk menciptakan produk baru yang di minati konsumen.
  • Memberi nilai lebih pada produk, berupa pesan edukatif bagi konsumen terhadap masalah lingkungan hidup maupun sosial.
  • Memperluas wawasan dengan mengembangkan jaringan bisnis, dan bertukar pikiran dengan sesama pelaku usaha.

sources : Femina

Tanpa etika bisnis usaha pasti tidak akan tahan lama. Mungkin awalnya memang akan untung besar, tapi dapat di pastikan itu hanya untuk sesaat saja. Karena customer pasti akan menghilang dan kapok berbisnis dengan pengusaha tanpa etika.

So, mulai berbisnis dengan etika yuuuuk :)

Gabung sekarang!

No comments:

Post a Comment

'